6 Tips Mengatasi Influenza

Advertisement
Influenza atau pilek adalah penyakit yang sangat mudah menular, hal ini disebabkan oleh virus influenza. Influenza  pada umumnya akan mempengaruhi telinga, hidung, tenggorok  ( THT ),  mata, juga akan menyebar ke paru - paru dan saluran pernapasan atau sering disebut Ispa sehingga akan menyebabkan demam dan batuk. 

Penyebab rasa demam pada penderita flu yaitu   karena adanya reaksi pertahanan tubuh dalam melawan virus influenza. Flu adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik dalam kondisi cuaca yang buruk maupun maupun cuaca bagus. Flu selain disebabkan oleh cuaca juga disebabkan oleh virus yang ada di sekitar lingkungan kita.

Di bawah ini beberapa  tips cara mengatasi  influenza atau pilek dengan obat herbal alami serta cara meramunya:

1. Perbanyak mengkonsumsi Vitamin C
Hal ini akan memberikan dorongan bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sel darah putih untuk melawan virus influenza. Untuk meningkatkan asupan vitamin C, perbanyaklah minum jus buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jus jeruk, jus pepaya atau buah lain yang kaya akan vitamin C.

2. Bawang putih
Bawang putih memiliki senyawa kimia yang bersifat antibiotik yang kuat, sehingga menawarkan kemampuan antivirus alami. Rempah yang satu ini juga diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga akan membantu mensuplay nutrisi penting dengan lebih cepat keseluruh sel-sel tubuh.

3. Cabe rawit
Perlu sobat ketahui bahwa pada cabe rawit mengandung capsaicin, dimana zat ini  dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga akan lebih cepat mengirimkan nutrisi dan vitamin keseluruh tubuh. Panas dan pedas dari capsaicin juga dapat membantu untuk mengurangi atau mengencerkan cairan penyumbat rongga hidung. Akan tetapi perlu diperhatikan, jika sobat memiliki gangguan lambung atau maag, sebaiknya jangan menggunakan resep  ini.

4. Jahe
Tahukah anda ?   Kalau belum tahu, inilah penjelasannya : tanaman rimpang satu ini mengandung senyawa antivirus alami yang tentunya akan membantu mengusir virus penyebab influenza atau pilek. Selain itu Jahe juga akan membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan ( imun ) tubuh, dan mempromosikan pembentukan senyawa antibakteri. Caranya: Ambil tiga potong jahe segar, bersihkan dan tumbuk hingga halus, kemudian seduh dengan air hangat lalu tambahkan 1 sendok madu dan sedikit merica bubuk. Minum ramuan ini 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.

5. Seng (Zinc)
Zinc adalah mineral penting yang selalu dibutuhkan oleh tubuh. Zinc dapat diperoleh dari makanan yang kaya akan zinc seperti daging, kacang buncis, telur, seafood,  dan kedelai. Makanan yang mengandung banyak zinc berguna untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan atau imun pada tubuh, yang pada akhirnya akan membantu mengurangi gejala pilek  atau flu.

6.Kunyit
Salah satu  bahan alami yang baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan peredaran darah serta antioksidan adalah Kunyit. Siapkan 1 rimpang kunyit, kemudian tumbuk hingga halus dan peras untuk diambil airnya, lalu air perasan tersebut campurkan dengan secangkir susu hangat dan tambahkan 1 sendok makan madu. Minum ramuan ini 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.

Influenza  adalah salah satu penyakit yang mudah menular, influenza / flu dapat menular melalui udara dan kontak tubuh secara langsung. Flu sangat mengganggu jika kita adalah orang yang aktif dalam bekerja, sebab akan menyerang syaraf dan mengakibatkan perasaan lemas, sakit kepala, demam, dan nyeri otot, ini adalah gejala awal dari penyakit flu atau influenza


No comments:

Post a Comment