11 Khasiat Tanaman Jarak Untuk Kesehatan

Advertisement
Mungkin kita semua sudah tahu bahwa beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan sebuah penemuan bahwa minyak biji jarak dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak, atau lebih dikenal dengan istilah bio solar.  Saat itu ramai-ramai orang-orang di pedesaaan menanam pohon jarak. Namun sekarang entah bagaimana kelanjutannya mengenai ramainya orang menanam pohon jarak. Sepertinya tidak jelas, orang Sunda bilang teu puguh juntrungan nana...

Terlepas dari itu semua, yang jelas  sejak zaman dahulu kala nenek moyang kita sudah memanfaatkan pohon jarak pagar untuk pengobatan tradisional. Hampir semua bagian dari pohon jarak dapat digunakan,  dari mulai akar, getah, daun hingga biji buah jarak.

Namun hal tersebut di atas tentunya bukan tanpa alasan. Beberapa hasil peneltian mengungkapkan  bahwa tanaman jarak mengandung beberapa senyawa yang diperlukan tubuh untuk mengobati berbagai penyakit.

Kandungan Tanaman Jarak 
Di bawah  ini beberapa contoh  senyawa yang terkandung dalam tanaman jarak dimulai dari akar, batang, getah, daun hingga bijinya:
Getah Tanaman Jarak Pagar: di dalam nya terkandung  flavonoid dan saponin serta kandungan jatrophie yang bersifat antijamur.
Berdasarkan hasil penelitian, pada bagian daun jarak pagar ditemukan senyawa kaemfesterol, sitosterol, stigmasterol, amirin dan teraksrol.
Sedangkan pada biji tanaman jarak ( Jatropha curcas L.) telah ditemukan kandungan β-glukanase  yang memiliki aktivitas antifungi, toksalbumin dan curcin yang tidak hanya memiliki aktivitas sebagai antifungi, tetapi kandungan kimia ini juga bermanfaat sebagai antikanker (Ditjenbun, 2007).
Ampas dari Biji Jarak yang sudah diperas minyaknya mengandung nitrogen, fosfat dan kalium.
Kulit Batang Jarak Pagar mengandung tanin, malam, resin dan saponin.

Manfaat Jarak Bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat dan  khasiat tanaman jarak dari mulai daun hingga getahnya yang sudah biasa digunakan sebagai obat tradisional oleh nenek moyang kita.

1. Obat Sakit Gigi Berlubang

Perlu sobat ketahui bahwa getah jarak bersifat antimikroba sehingga dapat mengusir bakteri seperti jenis staphylococcus, Streptococcus dan Escherechia Coli dan dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang. Caranya, ambillah getah jarak menggunakan kapas, kemudian ditempelkan pada gigi yang berlubang. (Hariyono dan Soenardi, 2005).

2. Obat Sariawan

Sebetulnya penyakit sariawan tidak terlalu berbahaya, namun apabila kita mengalami hal seperti ini bisa membuat napsu makan berkurang, sehingga rentan timbul penyakit yang lainnya seperi maag. Untuk membantu mengatasi penyakit sariawan caranya, patahkan tangkai dari pohon jarak yang baru dipetik, maka akan keluar sedikit getah. Getah itulah bisa  langsung dioelskan di bibir yang sedang sariawan. Bila getah belum keluar, pencet sedikit di ujung tangkainya (Ditjenbun, 2007).

3. Keputihan pada lidah bayi

Bila sobat menjumpai bayi yang sedang menyusui, biasanya terdapat keputihan yang menempel pada permukaan lidah bagian atas. Hal ini bisa  menyebabkan berkurangnya napsu sang bayi  untuk menyusui dan berat badannya cenderung turun. Untuk mengatasi hal seperti itu kita bisa memanfaatkan getah daun jarak pagar. Biasanya daun jarak yang baru dipetik akan mengeluarkan getah pada tangkai daunnya. Caranya, oleskan getah itu pada lidah bayi dan keputihan akan keluar bersama air liur.

4. Mengobati radang telinga

Bila anak  kita mengalami influensa  mendadak ditandai suhu badan naik bisa saja terjadi peradangan pada telinga, sakit dalam telinga, sedikit tuli seperti berdengung. Adapun cara untuk  mengatasinya, ambillah setengah sendok makan Getah Jarak Pagar lalu diteteskan sebanyak 6 tetes ke dalam telinga anak, sehari boleh dilakukan 6 kali sampai sembuh.

5. Susah BAB

Apabila sobat mengalami susah buang air besar, petik saja 4 helai daun jarak pagar yang segar,  karena daun jarak ini berfungsi sebagai pencahar ringan. Caranya, cuci daun jarak sampai bersih kemudian kukus hingga layu dan di makan daunnya yang sudah di kukus tadi, lakukan selama 7 hari berturut–turut atau sampai penyakit sembelitnya berkurang atau hilang.

6. Perut Kembung dan Masuk angin

Tentu sobat pernah mengalami, bila bayi tiba-tiba mencret dan perutnya kembung akibat masuk angin, bisa diatasi dengan daun jarak. Caranya, ambillah beberapa lembar daun jarak pagar yang tua. Kemudian dipanaskan ( garang ) di atas nyala api biar agak layu dan diolesi minyak kelapa, minyak telon atau kayu putih. Setelah itu ditempelkan pada bagian bawah perut dan pinggang. Biarkan beberapa jam, biasanya akan langsung terjadi pembuangan gas dan zat yang tidak berguna dari dalam perut.

7. Koreng, Jamur, dan Gatal

Sobat bisa membeli  minyak biji  jarak pagar yang asli ( biasa tersedia di tukang urut ). Caranya tuangkan minyak jarak pada sendok makan, kemudian panaskan terlebih dahulu. Setelah itu ambillah kapas lalu celupkan pada minyak yang sudah dipanaskan tadi, dan oleskanlah  pada bagian kulit yang sakit. Tapi ingat, minyak biji jarak tidak boleh tertelan karena mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

8. Luka dan Pendarahan

Untuk mengobati luka bagian luar : 2 sendok teh Minyak Jarak Pagar,  ¼ sendok teh belerang ( sulfur ), 2 sendok makan vaselin, sejari tangan kayu Secang / Cendana,  semuanya dipanaskan atau tumis dan aduk merata, dinginkan sebentar sebelum dioleskan pada luka.

9. Memperbesar alat vital

Nah ... ramuan satu ini tentu secara diam - diam banyak di cari kaum adam yang sudah berumah tangga. Karena manfaat dan khasiat dari tanaman jarak selain beberapa manfaat seperti diatas, ada satu lagi manfaat jarak pagar yaitu, memperbesar alat vital ( penis ). Caranya adalah, sediakan 10 lembar daun jarak beserta batangnya dan satu buah jeruk nipis. Lalu keduanya ditumbuk hingga halus. Sebelumnya lakukan pemijatan pada alat vital dengan minyak zaitun hingga terasa hangat. Setelah itu barulah dilakukan pemijatan dengan ramuan tadi. Satu ramuan digunakan untuk tiga kali pemijatan. Silakan dicoba, semoga berhasil.

10. Obat Rematik

Caranya, ambillah daun jarak pagar yang tua dan segar, di cuci bersih lalu di tumbuk halus dengan air secukupnya. Lumuri bagian tubuh yang terserang rematik, terkena exim, atau gatal, dsb. Bisa juga bagian yang sakit di kompres dan biarkan selama beberapa jam lalu diganti dengan yang baru.

11. Mengobati batuk dan Mengencerkan dahak

Bila sobat atau anggota keluarga lainnya ada yang terserang batuk berdahak sebelum pergi ke dokter cobalah resep ini. Ambillah akar pohon jarak secukupnya, kemudian dicuci sampai bersih dan direbus dengan air 7 gelas sampai mendidih dan tersisa 2 gelas. Air rebusan tersebut di minum pagi dan sore hari. Ulangi sampai 3 kali rebusan baru diganti akar yang baru.

Rupanya itulah  beberapa manfaat daun jarak pagar beserta getah dan bijinya. Semoga ada manfaat dan khasiatnya bagi sobat dan siapa saja yang membutuhkan.


No comments:

Post a Comment