6 Tips Mengatasi Penyakit Tyfus

Advertisement
Tipes atau thyfus merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada usus, penyakit ini biasanya mudah menular. Penyakit tipes disebabkan karena bakteri Salmonella. Gejala dan tanda penyakit tipes diawali dengan demam tinggi dan jika setelah satu minggu atau lebih, biasanya akan muncul panas dingin, kemudian disertai dengan sakit kepala atau pusing dan sakit pada otot - otot dada.

Tipes adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C, selain ini dapat juga menyebabkan gastroenteritis (keracunan makanan), Kuman tersebut masuk melalui saluran pencernaan, setelah berkembang biak kemudian menembus dinding usus menuju saluran limfa dan masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu 24-72 jam.

Ciri - ciri atau gejala orang yang kena tyfus :


  •  Otot - otot terasa nyeri
  •  Badan lemas, sakit kepala, perut terasa tidak enak,  infeksi tenggorokan, sembelit atau    terkadang sulit        buang air besar,    dan diare.
  •  Dalam keadaan  demam tinggi penderita biasanya sering mengigau, dan ingatannya  menurun atau tidak    dapat berfikir    secara jelas.
  •  Nafsu makan hilang, sehingga menyebabkan badan terasa lemas dan berat badan  berkurang.
  •  Sakit kepala yang hebat, menggigil dan keluar keringat dingin.
  •  Mulut terasa mual, muntah-muntah, dan perut terasa sakit.
  •  Batuk dan peradangan pada cabang tenggorokan.
  •  Muncul bercak - bercak kecil berwarna merah dadu di area dada dan perut.


Bagaimana cara mengatasi atau mengobati penyakit tyfus dengan menggunakan herbal alami dan cara meramunya ?

1. Kunyit
Siapkan 2 lembar daun sambiloto, 3 rimpang kunyit segar, dan 1 bonggol serai. Selanjutnya  yang harus anda lakukan adalah tumbuk halus semua bahan yang telah disediakan, lalu seduh dengan  air matang hangat dan minum ramuan tersebut selama satu minggu berturut - turut. Insya Allah ada perubahan.

2. Cacing
Carilah 5 ekor cacing tanah,  kemudin bersihkan dengan cara membelah cacing tersebut dan membuang kotoran yang yang ada didalamnya, bilas  beberapa kali untuk menghasilkan hasil yang bersih. Kemudian tumbuk cacing tersebut hingga halus dan tambahkan ½ gelas air hangat, lalu aduk dan saring untuk diambil airnya, tambahkan sedikit madu dan minum sekaligus. Lalkukan 3 kali dalam 1 minggu.

3. Daun sambiloto
Petik 10 lembar daun sambiloto yang masih segar, 15 gram temulawak,  siapkan jinten hitam. Cuci daun sambiloto dan temulawak hingga bersih kemudian iris temulawak kecil – kecil, lalu rebus semua bahan tadi hingga mendidih, setelah dingin minum ramuan tersebut  sehari 2 kali sampai tipus anda semakin membaik.

4. Daun keji beling
Ambil 15 lembar daun keji beling, lalu rebus dengan air sebanyak 2 1/2 liter hingga mendidih selama 20 menit. Setelah dingin saring untuk di ambil airnya, minum   sehari 2 kalisebanyak 1 gelas, dan lakukan hal ini sampai penyakit tifus benar – benar sembuh.

5. Timun
Siapkan 3 buah timun segar dan cuci sampai  bersih, kemudian parutlah timun  tadi dan peras. Air perasan timun tersebut bisa diminum setiap pagi dan sore  selama satu minggu. Anda  lihat hasilnya  setelah mengkonsumsi parutan timun.

6. Pepaya
Buah  pepaya yang masih muda atau setengan muda kemudian cuci bersih, lalu kupas. Setelah terkupas semua, lalu anda parut halus pepaya tersebut kemudian tambahkan air hangat dan peras.  Minumlah parutan pepaya tersebut 2 hari sekali dan minum hingga penyakit tipus benar - benar sembuh.

Penularan penyakit types bisa melalui makanan dan minuman yang tercemar dengan kuman Tipes, (Salmonella typhosa), kotoran, atau air kencing dari penderita Tipes. Oleh karena  itu kita di tuntut agar selalu menjaga kebersihan baik makanan yang kita makan atau lingkungan tempat kita tinggal.. Mengobati penyakit tipes secara alami akan lebih mudah dan lebih manjur dibanding menggunakan obat - obatan yang mengandung bahan kimia yang justru akan mengganggu organisme lain didalam tubuh. tetapi kalau obat-obatan herbal tidak memiliki efek samping yang buruk untuk kesehatan namun justru akan membuat tubuh semakin fresh dan segar.

No comments:

Post a Comment