5 Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Advertisement
Tentu anda tahu bahwa daun seledri atau nama Latinnya Apium graveolens sudah tidak asing lagi  bagi ibu - ibu  rumah tangga, kenapa ? Karena daun ini adalah  salah satu sayuran penambah aroma masakan, biasanya sering digunakan untuk salah satu penyedap sayur sop atau bakso.  Vitamin yang terkandung pada daun ini mampu bertahan hingga 80 % setelah dimasak. Akan tetapi banyak orang belum mengetahuinya akan manfaat dan khasiat daun seledri ini.

Diantara vitamin yang terkandung pada daun seledri yaitu :vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin E dan vitamin K yang dapat digunakan untuk mencegah atau untuk mengatasi beberapa penyakit. Bila anda  mengkonsumsinya dalam bentuk sayur,  maka kandungan gizi yang ada pada daun ini dapat mencegah datangnya penyakit.

Apa saja manfaat dan khasiat daun seledri untuk kesehatan dan jenis penyakit apa yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi daun yang satu  ini? Berikut ini manfaat dan khasiatnya :
Kandungan multivitamin yang terdapat pada daun seledri berfunsi sebagai antioksidan mampu menambah kekebalan tubuh..

- Kandungan kalsium yang tinggi yang terdapat dalam daun ini di percaya mampu menenangkan saraf.
- Melancarkan peredaran darah
- Mencegah penyakit ginjal,
- Memperkuat fungsi hati,
- Membantu memperbaiki gigi yang rusak
- Menambah nafsu makan
- Mencegah anemia
- Menurunkan tekanan darah,
- Mencegah asma
- Mencegah obesitas
- Membantu menjaga kelenturan aktifitas otot.
-
Mencegah sembelit

Tidak  hanya untuk pencegahan penyakit seperti diatas, namun  seledri juga mampu mengobati beberapa penyakit diantaranya adalah mual, masuk angin,  diare, vertigo, tekanan darah tinggi,  rematik, alergi, asam urat, batuk dan lain - lain. Selain bisa dikonsumsi langsung dalam bentuk sayur, daun seledri juga dapat diolah untuk mengobati penyakit - penyakit tertentu.

Di bawah ini adalah beberapa cara meramu daun seledri yang dapat digunakan untuk mengobati peyakit:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, caranya adalah : Ambil daun seledri termasuk sama batang dan akarnya kurang lebih 100 g, cuci tanaman ini sampai bersih terus datumbuk hinnga halus. Tambahkan 100 ml air putih, lalu masak ramuan hingga matang. Cobalah Minum ramuan ini 2 x sehari, dan rasakan khasiatnya.

2. Menurunkan berat badan
Caranya, daun seledri di jus atau di blender, lalu minumlah sebelum makan. Lakukan terapi ini secara rutin hingga berat badan anda yang ideal tercapai.

3. Mengobati rematik
Jadikanlah daun seledri sebagai lalapan dan konsumsi secara rutin, untuk mengobati penyakit ini. Sudah barang tentu daun seledri harus dalam keadaan segar dan dicuci bersih terlebih dahulu.

4. Mengobati mata kering
Ambil daun seledri, daun kelor dan daun bayam yang masih segar, masing - masing lebih kurang sepertiga ( 1/3 ) genggam, Cuci hingga bersih bahan - bahan tersebut, lalu tumbuk sampai halus ramuan yang sudah kita siapkan tadi,  jangan lupa dicampur dengan sedikit garam dapur secukupnya. Tambahkan dengan sedikit air matang kira-kira 1/3 gelas, Aduk-aduk, kemudian saring dan ambil airnya. Minumlah air ramuan tersebut 3x sehari

5. Untuk meredakan batuk
Seperti resep di atas, Sediakan seledri lengkap dengan akar dan batangnya yang masih segar, lalu dipotong-potong hingga menjadi bentuk bumbu. Tambahkan 3 gelas air bersih lalu dimasak sampai mendidih. Saringlah airnya dan biarkan hingga dingin, kemudian tambahkan madu secukupnya. Minumlah ramuan ini pagi dan sore atau sesuai kebutuhan.

Itu diantaranya khasiat daun seledri sebagai penyedap sekaligus obat herbal, ini mungkin bisa dipakai sebagai obat alternatif untuk mencegah dan mengobati penyakit  seperti tersebut diatas. Terimakasih kepada yang telah sudi membaca artikel ini. Selamat mencoba, semoga bermanfaat bagi kita semua.


No comments:

Post a Comment