6 Khasiat Bunga Ekor Kucing untuk Kesehatan

Advertisement
Acalypha hispida Burm.f. atau nama latin dari bunga ekor kucing adalah tanaman yang berasal dari Hindia Barat. bunga ekor kucing biasanya ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias atau sebagai pembatas pagar. Kenapa disebut bunga ekor kucing ? Karena bentuk bunganya yang mirip dengan ekor kucing ( seperti tampak dalam gambar ).
Tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias, tapi bunga ekor kucing pun bisa dijadikan sebagai obat herbal alami. Adapun bagian tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat adalah daun dan bunga.

Bunga ekor kucing dapat digunakan untuk mengobati : disentri, luka bakar, radang usus, pendarahan, berak darah, muntah darah, mimisan, cacingan, dan tukak ( ulkus ) di kaki. Adapun daunnya bisa digunakan untuk mengobati bercak putih pada kulit akibat kehilangan pigment ( vitiligo ), luka berdarah, disentri, batuk berdarah ( hemoptitis ) dan sariawan.

Berikut ini admin  paparkan penjelasan mengenai manfaat bunga ekor kucing :

1. Mengatasi cacingan
Penyakit cacingan pada anak bisa diobati dengan bunga ekor kucing. Caranya ambil 15 gram bunga ekor kucing, kemudian direbus dengan air secukupnya hingga mendidih, setelah dingin  airnya disaring kemudian diminum.

2. Mengobati disentri
Untuk mengobati penyakit disentri secara alami adalah : ambil 10 - 30 gram bunga ekor kucing, cuci bersih kemudian direbus hingga airnya mendidih setelah dingin, air rebusan tadi disaring kemudian diminum.

3. Mengobati radang usus
Cara alami mengobati radang usus, ambil 20 gram bunga ekor kucing, cuci bersih selanjutnya dirembus sampai mendidih. Setelah dingin air rebusannya disaring lantas diminum.

4. Mengobati muntah darah
Petik bunga ekor kucing secukupnya, kemudian kunyah bersama dengan pinang putih bila perlu tambahkan kencur, sedikit jahe dan daun pulai yang masih muda. Lakukan terapi ini setiap hari hingga ada perubahan.

5.   Luka berdarah
Untuk menghentikan pendarahan / menutup luka, caranya cuci bersih segenggam daun bunga ekor kucing secukupnya, lalu tumbuk sampai halus, kemudian tempelkan hasil tumbukan tadi pada luka dan balutlah dengan kain perban.

6. Vitiligo
Cara mengatasinya yaitu : cuci sampai bersih segenggam daun segar dan kencur kira - kira 1/2 ibu jari, lalu blender atau tumbuk sampai halus. Selanjutnya balurkan ramuan tadi pada bagian kulit tubuh yang ada bercak putihnya dan balut. Lakukan terapi ini setiap hari sampai ada perubahan.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat bunga ekor kucing untuk pengobatan tradisional, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment