Manfaat Dan Khasiat Buah Delima Untuk Kesehatan

Advertisement
Delima atau bahasa Latinnya Punica granatum L. merupakan tanaman buah yang termasuk dalam keluarga Punicaceae. Asal tanaman ini adalah dari timur tengah dan dapat tumbuh pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Biasanya delima sering ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias sekaligus untuk dikonsumsi atau dimakan  buahnya.

Banyak sekali  Manfaat dan khasiat buah delima  bagi kesehatan tubuh kita.  Kandungan utama yang terdapat pada buah yang satu ini antara lain alkaloid pelletierene, betulic acid, granatin, elligatanin, ursolic acid, isoquercitrin,  resin, kalsium oksalat, triterpenoid,  dan pati yang terdapat pada kulit buah delima. Bila sobat suka mengkonsumsi jus buah delima, dalam segelas jus mengandung asam sitrat, asam malat, glukosa, fruktosa, maltosa, vitamin A, vitamin C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, dan kalium), dan tanin.

Tidak hanya buahnya, hampir semua bagian tanaman juga bermanfaat sebagai obat. Dari mulai akar, biji, daun, bunga, hingga kulit pohonnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa contoh manfaat dan khasiat buah delima sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit:

Khasiat Dan Manfaat Buah Delima


Sobat pengunjung yang budiman, ternyata daging buah delima dapat digunakan untuk menurunkan berat badan, tekanan darah tinggi ( hipertensi ), tenggorokan sakit, mengobati cacingan, sariawan,  suara parau,   sering kencing dan perut kembung, tentunya kalau kita rutin dan teratur mengkonsumsinya. Adapun beberapa manfaat dan khasiatnya adalah sebagai berikut :

1. Batuk sudah berlangsung lama

Kalau kita sedang terserang penyakit batuk, sungguh terasa tidak nyaman. Namun tak perlu khawatir, buah geranat ini bisa membantu mengatasinya. Caranya, ambil sebuah delima yang belum terlalu masak. Setiap malam sebelum tidur, kunyah isi  delima tersebut, buang bijinya dan insya Allah akan terasa khasiatnya.

2. Suara serak, tenggorokan kering


Seperti halnya batuk, karena suara serak salah satu penyebabnya  adalah batuk,  cara mengatasinya ambil sebuah delima segar, belah, dan ambil isinya. Kunyah, lalu buang bijinya. Lakukan 2 - 3 kali sehari.

3. Sering kencing

Bagi sobat pengunjung yang mengalami hal seperti ini ( sering kencing alias beser ), cara mengatasinya adalah, ambil isi buah delima (yang segar dan masak ) satu buah dan segenggam kucai, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa separuhnya, angkat dan dinginkan. Lalu minum air rebusan, lakukan dua kali sehari  masing-masing tiga perempat gelas.

4. Sariawan

Tak hanya tanaman jarak, ternyata buah delima pun bisa untuk mengatasi sariawan. Caranya, siapkan dua buah delima segar yang sudah masak, lalu ambil isi berikut bijinya, kemudian  tumbuk sampai halus. Tambahkan satu gelas air sambil diaduk merata, setelah itu saring. Gunakan airnya untuk berkumur, lalu telan. Lakukan terapi ini  2 - 3 kali sehari, sampai sembuh.

5. Cacingan

Buatlah jus buah delima dicampur dengan wortel, atau secara terpisah  masing-masing dibuat setengah gelas. Aduk sampai merata, lalu minum sekaligus, silakan dicoba deh.

Jus buah delima

Jus buah delima juga berguna untuk berkumur pada sariawan, radang gusi, gigi berlubang, atau sebagai obat kompres pada wasir yang sedang meradang.

Khasiat Kulit Buah Delima

Bukan hanya isi nya, kulit buah (shi flu pi) dapat digunakan  digunakan untuk mengobati sakit perut karena cacing, buang air besar mengandung darah dan lendir (disentri amuba), diare kronis, perdarahan seperti wasir berdarah, muntah darah, batuk darah, perdarahan rahim, perdarahan rektum, prolaps rektum, radang tenggorokan, radang telinga, keputihan (leukorea) dan nyeri lambung.

Cacingan

Untuk mengatasi cacingan  selain dengan isi buah, kulitnya pun bisa dimanfaatkan. Caranya, rebus kulit delima kering dan serbuk biji pinang ( masing-masing 15 g ) dengan tiga gelas air bersih. Didihkan perlahan-lahan selama satu jam. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus sebelum makan pagi.

Khasiat Akar Delima

Wah ternyata hebat ya, semua bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan. Akar dan kulit kayu digunakan untuk mengatasi cacingan terutama cacing pita ( taeniasis ), batuk, diare. Adapun contoh penggunaanya adalah sebagai berikut :

1. Keputihan

Rebus kulit delima kering ( 30 g ) dan herba sambiloto kering ( 15 g ) dengan satu liter air bersih. Biarkan sampai air rebusannya tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan bagi untuk tiga kali minum, pagi, siang, dan malam hari. Air rebusan ini juga bisa digunakan untuk cuci area V ( daerah kewanitaan ). Khusus wanita yang sudah menikah, gunakan dengan alat semprot yang masuk ke lubang  V.

2. Cacingan

Cuci akar delima yang telah dikeringkan lebih kurang 7 g,  lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan satu gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum airnya sekaligus.

Khasiat Bunga Pohon Delima

Selain buah, kuli, akar bunga nya pun ada khasiatnya. Bunga digunakan untuk pengobatan radang gusi, perdarahan, bronkhitis.

1. Radang gusi

Petik kemudian cuci bunga delima sebanyak tujuh kuntum dengan air bersih, lalu rebus dengan segelas air bersih sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan gunakan untuk kumur-kumur.

2. Perdarahan

Rebus bunga delima  lebih kurang 20 g dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa separuhnya. Minum air rebusan dua kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas, lakukan terapi ini secara teratur.

3. Luka

Campurkan serbuk kulit buah atau bunga delima secukupnya dengan minyak wijen. Aduk merata, lalu oleskan pada bagian yang luka.

Khasiat Biji Buah Delima 

Tak ada yang terbuang, biji juga bisa digunakan untuk menurunkan demam, batuk, mengatasi keracunan dan mengobati cacingan. Caranya, Masukkan bubuk biji delima kering ( satu sendok makan ) dalam segelas jus nanas yang belum terlalu masak. Aduk merata, minum sewaktu perut kosong.


Buah delima merupakan salah satu buah yang eksotis. Eksotisme tersebut dilihat dari manfaatnya untuk kesehatan dan khasiatnya bagi dunia pengobatan tradisional.
Hanya itu yang bisa akang bagikan pada sobat, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

No comments:

Post a Comment