7 Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan

Advertisement
Bunga Mawar  atau nama latinnya Rosa canina adalah tanaman hias yang menghasilkan bunga dengan warna-warni nan indah. Belum menemukan catatan sejarah ( syukur kalau pembaca sudah tahu riwayat nya ),  sejak kapan  bunga mawar sering dijadikan sebagai lambang cinta. Terutama mawar merah. Di negara kita  sendiri bunga mawar digunakan untuk berbagai keperluan dari mulai bunga hias, bunga meja atau bunga tabur.

Selain keindahan warnanya ternyata bunga mawar mempunyai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam  dunia kecantikan, bunga mawar sering dijadikan bahan untuk perawatan wajah, rambut  dan kulit. Sedangkan dalam bidang  kesehatan, bunga mawar dijadikan sebagai obat untuk beberapa penyakit seperti mencegah penyakit jantung, menurunkan kolsterol, mengatasi diare, meringankan gejala flu,  serta infeksi saluran kemih.

Khasiat dan Manfaat Lainnya :

1. Kesehatan Mata
Bila mata anda mengalami kelelahan dan lingkaran gelap di bawah mata,  bisa anda atasi dengan air mawar. Air mawar juga dipercaya dapat  mengatasi mata merah dan meradang. Caranya, teteskan 2 hingga 3 tetes air mawar pada mata, kemudian  tutup selama beberapa menit untuk membersihkan mata. Lakukan terapi  ini secara rutin untuk menghindari  mata anda dari infeksi.

2. Kesehatan Rambut
Air kembang Ros atau mawar baik untuk kesehatan rambut,  karena dilengkapi dengan penyejuk alami yang dapat melembabkan. Caranya mudah sekali, cukup tuangkan beberapa tetes air mawar pada shampo anda saat hendak  keramas, hal ini dapat menciptakan aroma khas yang wangi. Bisa juga digunakan selepas keramas yaitu sebagai bilasan,  tuangkan pada rambut yang masih basah, dan pijat lembut untuk membantu pertumbuhan rambut Anda. Tak hanya  itu, air mawar juga dapat mengatasi peradangan di kulit kepala dan dapat membasmi ketombe, coba deh.

3. Perawatan Kulit
Rahasia kulit bersih dan mulaus ada di sini.  Caranya, jaga keseimbangan pH alami kulit anda dengan air mawar. Air mawar dapat menyeimbangan produksi sebum pada kulit. Cara  ini bisa  digunakan baik bagi anda yang memiliki jenis  kulit berminyak maupun kulit kering. Air mawar juga mampu mengatasi berbagai penyakit kulit dan eksim. Silahkan mencobanya, yang penting dilakukan secara rutin, teratur.

4. Menghilangkan Jerawat
Perlu anda ketahui bahwa air bunga mawar merupakan bahan pembersih alami yang kaya akan antioksidan dan mampu membunuh sekaligus menyingkirkan bakteri penyebab jerawat. Cucilah wajah Anda dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air mawar. Lakukan hal ini secara rutin dan teratur.

5. Mengatasi bengkak pada kaki
Caranya mudah saja, petiklah  2 atau 3 kuntum bunga mawar lalu ditambah 30 gram daun sembung, lalu cuci bersih kedua bahan tersebut. Selanjutnya rebus dengan air sebanyak 600 ml lalu minum airnya selagi masih hangat, lakukan 2 kali sehari.

6. Membersihkan dan menyegarkan area V
Tentu anda tahu, bahwa  perawatan seperti spa biasanya menggunakan air mawar sebagai bahan utamanya. Mengapa demikian ? Karena keharuman air mawar yang khas sangat  bermanfaat untuk organ intim Anda. Cuci area " V " dengan air hangat matang yang telah dicampur dengan air mawar.

7. Roseship
Mungkin anda jarang memperhatikan, bahwa sebetulnya bunga mawar pun memiliki buah, yakni Roseship. Selain dimanfaatkan  untuk  produk bahan  kecantikan, buah yang satu ini berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi, serta  tingkat kolesterol pada tubuh manusia.

Ada beberapa jenis bunga selain bunga mawar,  tanaman hias atau bunga - bunga lain yang bisa digunakan sebagai obat. Misalnya, bunga melati dan bunga kenanga yang ada di sekitar kita.

No comments:

Post a Comment