Manfaat Dan Khasiat Kemiri Untuk Kesehatan, Kecantikan Dan Masalah Rambut

Advertisement
Kemiri atau nama  latinnya Aleurites moluccana dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Hanya sedikit orang mengetahuinya bahwa kemiri masih satu kerabat dengan singkong. Bisa jadi  karena jarang orang yang pernah melihat pohon kemiri. Umumnya di negara kita, buah kemiri diambil dan dijadikan sebagai bumbu masak atau rempah untuk melezatkan masakan. Namun, jaman dahulu kala nenek moyang kita juga menggunakan kemiri untuk keperluan lain, seperti membuat minyak kemiri yang berkhasiat untuk menyuburkan rambut.

Sebetulnya zat apa saja sih yang terkandung dalam buah kemiri hingga sangat bermanfaat bagi manusia, silahkan simak baik- baik ulasan di bawah ini.

Rempah yang satu ini  mengandung saponin, falvonoida, dan polifenol, serta zat gizi mikro seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Kemiri juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Selain itu kandungan lain yang tidak kalah memberi manfaat adalah vitamin A, vitamin B1, folat, serta fitosterol yang bisa menghambat pembentukan kolesterol. Proteinnya berupa asam amino esensial maupun non esensial berfungsi untuk pertumbuhan dan membentuk protein dan antibody.

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan :

Seperti yang telah disebutkan di awal, bahwa kemiri bukan hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur untuk
melezatkan masakan, akan tetapi juga berkhasiat sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Berikut ini kami rangkum beberapa manfaat kemiri untuk pengobatan.

1. Mengobati Sakit Gigi
Tak hanya  sariawan, sakit gigi pun bisa diobati dengan menggunakan getah pohon kemiri. Caranya juga hampir sama. Ambil getah pohon kemiri dengan menggunakan kapas. Tempelkan pada gigi yang sakit. Diamkan kan selama 10 menit, kemudian buang dan ganti dengan yang baru.

2. Mengobati Sariawan
Bukan hanya biji kemiri yang bermanfaat, tapi bagian batang dan getahnya juga, salah satunya untuk mengatasi sariawan di mulut. Yang Anda perlukan adalah getah dari kulit batang pohon kemiri. Untuk mendapatkannya bisa dengan cara mencongkel kulit pohon kemiri dengan pisau, kemudian tunggu hingga getahnya keluar. Ambil getah tersebut dengan kapas dan tambahkan sedikit santan kelapa jika ada. Oleskan pada bagian mulut yang luka (terserang sariawan).

3. Mengatasi susah Tidur (Insomnia)
Bila anda mengalami hal seperti ini  maka tidak usah cemas, karena minyak kemiri juga dapat membantu Anda melawan insomnia dan bisa  tidur lebih lelap. Kandungan melatonin yang terdapat di dalamnya akan membuat Anda rileks dan cepat tertidur. Hal ini baik bagi orang yang memiliki pola tidur yang tidak teratur. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membuat anda  menjadi  sehat.

4. Mengatasi Infeksi Jamur
Jamur dapat tumbuh dan berkembang dimana saja, termasuk pada kulit tubuh anda. Infeksi jamur seperti panu memang tidak berbahaya, namun bisa menyebabkan penderitanya tidak nyaman dan bahkan minder. Cara mengatasinya dengan mengoleskan minyak kemiri pada bagian tubuh yang terinfeksi jamur. Lakukan pengobatan ini secara rutin agar hasilnya lebih optimal.

5. Mengobati Diare
Untuk mengobati diare, ambil 20 gram kulit batang kemiri yang masih segar, bersihkan kemudian ditumbuk hingga halus. Rebus dengan air 600 cc sampai airnya berkurang menjadi 300 cc, saring dan ambil airnya. Minum air hasil rebusan kulit batang pohon kemiri tersebut dua kali sehari, sekali minum sebanyak 150 cc.

6. Digigit Serangga
Mungkin sobat pernah digigit serangga yang menyebabkan rasa panas dan gatal bahkan bengkak ? Tidak usah risau  itu bisa diatasi dengan menggunakan kemiri. Siapkan  2 buah kemiri dan kunyit seukuran jari kelingking. Panggang atau panaskan di atas api bahan-bahan tersebut, lalu tumbuk sampai halus. Oleskan ke seluruhan bagian tubuh yang sakit akibat gigitan serangga.

7. Susah buang air besar (sembelit) 
Sediakan 1 buah biji kemiri, 5 gram pulasari, 2 siung bawang merah,  10 gram kayu manis, 1/2 sendok teh garam, 30 gram daun urang-aring,  dan setengah sendok teh adas. Haluskan semua bahan lalu rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Saring dan minum airnya 2 kali sehari, masing-masing sebanyak 200 cc.

8. Obat Demam pada Anak
Ambil 15 gram akar pulutan dan tambahkan beberapa tetes minyak kemiri  kemudian direbus dan saring airnya, kemudian diminum selagi hangat.

9. Obat Gosok
Minyak kemiri, seperti juga minyak kayu putih dapat digunakan sebagai obat gosok untuk menghilangkan pegal dan juga masuk angin. Caranya sama seperti menggunakan minyak gosok biasa.

10. Mengatasi BAB Berdarah
Ternyata kulit batang pohon kemiri juga bisa mengobati BAB (Buang Air Besar) berdarah. Siapkan saja  20 gram kulit batang kemiri, lalu cuci sampai bersih, rebus bahan dengan 400 cc air hingga bersisa 200 cc. Saring airnya, lalu minum selagi hangat.

Manfaat Kemiri untuk Rambut

Bukan hanya  bermanfaat buat kesehatan, kemiri juga bermanfaat untuk kecantikan terutama yang berkaitan  dengan rambut. Sudah sejak zaman dahulu kala nenek moyang kita menggunakan buah kemiri yang diambil minyaknya untuk kesehatan rambut. Ada beberapa cara untuk mengambil minyak dari biji buah kemiri. Bisa dengan cara merebus atau disangrai (goreng tanpa minyak). Atau yang lebih praktis, anda bisa beli minyak kemiri yang sudah jadi, dijual dalam kemasan botol. Namun, Anda harus pandai-pandai memilih agar mendapatkan minyak kemiri yang asli yang belum dicampur dengan bahan-bahan lainnya.

1. Mengatasi Rambut rontok
Kalau  sobat punya keluhan rambut rontok, coba  saja minyak biji kemiri untuk mengatasinya. Kandungan protein dan mineral yang terdapat dalam buah kemiri mampu menguatkan rambut mulai dari akar hingga ujungnya.

2. Menumbuhkan Rambut
Jika sobat punya masalah dengan kebotakan,jangan khawatir dan minder, minyak kemiri bisa membantu Anda mengatasi kebotakan karena mampu merangsang tumbuhnya rambut. Penggunaan minyak kemiri secara teratur dapat mencegah kerontokan dan menumbuhkan kembali rambut yang rontok bahkan lebih kuat dan sehat dari sebelumnya.

3. Minyak kemiri bisa menyuburkan rambut
Sudah tak asing lagi kalau  minyak kemiri bermanfaat juga untuk menyuburkan rambut. Caranya, ambil minyak kemiri secukupnya oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Lakukan pijatan secara lembut dan biarkan selama semalaman. Keesokan harinya bilas dengan shampo, jangan lupa gunakan kondisioner pada ujung rambut. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan rambut yang subur, lebat dan tebal.

4. Menghitamkan Rambut
Rambut hitam berkilau dan sehat merupakan dambaan hampir setiap orang. Namun tidak semua orang beruntung mendapatkannya. Apakah anda termasuk yang beruntung atau tidak? Jika tidak, jangan terlalu pesimis, karena minyak kemiri dapat membantu anda mewujudkannya, syaratnya adalah sabar dan rajin. Minyak kemiri dapat membuat rambut mendapatkan kembali kemilaunya apapun warna rambut tersebut.

5. Menghilangkan Ketombe
Satu lagi masalah rambut yang sangat mengganggu adalah ketombe. Namun, anda bisa menggunakan minyak kemiri untuk mengatasinya. Caranya dengan mengoleskannya pada kulit kepala secara merata sambil dipijat-pijat secara lembut. Minyak kemiri dapat membersihkan kulit kepala dari kotoran yang menjadi bian gkeladi munculnya ketombe.

Cara Membuat Minyak Kemiri :

Setelah banyak orang yang tahu dan membutuhkannya, kini minyak kemiri sudah banyak dijual
bebas di pasaran. Tapi apabila  Anda ragu akan kualitas minyak kemiri dalam kemasan,  lebih baik anda membuatnya sendiri karena caranya juga cukup mudah.

Caranya adalah sebagai berikut :
- Tumbuk kemiri hingga hancur.
- Rebus kemiri dengan air hingga mengeluarkan minyak.
- Ambillah minyak kemiri yang mengapung di atas air.
- Saringlah minyak hingga jernih.
- Simpanlah minyak ke dalam botol dan simpan botol di tempat yang sejuk.
- Gunakan secara rutin seminggu tiga kali.

Mengingat  Indonesia memiliki beragam suku dan bahasa, maka beragam pula istilah buah  kemiri, diantaranya:  kembiri, gambiri, hambiri (Batam); kemili (Gayo); kemiling (Lampung); buah kareh (buah keras, Minangkabau; Nias); keminting (Dayak). Juga muncang (Sunda); dèrèkan, pidekan, miri (Jawa); kamèrè, komèrè, mèrè (Madura); dan lain-lain.

Setelah sobat mebaca dan mempelajarinya, tentu sekarang sudah tahu ilmunya. Amalkanlah ilmu yang sobat miliki, semoga bermanfaat bagi kita semua.



No comments:

Post a Comment