Penyakit Pada Sistem Panca Indra Dan Obat Herbalnya

Advertisement
Terkadang kita  suka menganggap enteng yang namanya penyakit khususnya yang berkaitan dengan penyakit pada sistem panca indra, meskipun hanya mabuk kendaraan umpamanya. Karena kalau  tidak segera kita atasi bisa merembet ke organ tubuh lainnya. Oleh karena itu saya akan berbagi mengenai  beberapa macam penyakit yang berhubungan dengan panca indra. Di bawah ini beberapa contoh penyakit pada sistem panca indra dan obat herbal yang bisa dipergunakan serta mudah dicari :

1. Telinga mendenging
Obat herbal atau ramuan yang mudah dicari : Daun dewa ( daun dan umbinya ), Bayam duri ( akarnya ), Pegagan ( daunnya ), Sambiloto ( daunnya ), Butrowali ( batangnya ), Pacar cina ( daunnya ), Markisa ( daunnya ), Meniran ( daunnya ). 
* Pantangan : Lemak - lemak, Jeroan, gorengan, Otak, Kepala ikan

2. Infeksi Telinga
Ramuannya gampang saja, teteskan minyak kelapa asli ke lubang telinga secukupnya.
* Pantangan : Lemak, Jeroan, Pedas - pedas

3. Hidung Berdarah
Ramuan herbalnya : Dedap srep ( daunnya ), Pisang biji ( air bonggolnya ), Sirih ( daunnya ), Kaki kuda ( daunnya ), Bayam ( daunnya ), pisang kepok ( air bonggolnya ), Urang aring ( daunnya ), Pulutan ( daunnya ), Gambir ( daunnya ), Pinang ( bijinya ), Kubis ( daunnya, Petsay ( daunnya ).
* Pantangan : Pedas - pedas, daging berlemak, telur.

4. Sakit Kepala
Obat Herbalnya : Jeruk nipis ( air perasannya ), Nanas ( sari buahnya ), Apel ( daging buahnya ), Tapak dara (akarnya ), Pegagan ( daunnya ), Buah merah ( sari buahnya ).
* Pantangan : Lemak - lemak, jeroan, ikan asin, telur asin, santan kental.

5. Mabuk Kendaraan
Ramuan herbalnya : Siapkan 2 buah jeruk nipis yang sudah tua, gula secukupnya, sedikit air matang. Kemudian peraslah jeruk nipis tersebut dan ambil airnya kemudian tambahkan gula dan air, diminum sebelum sobat melakukan perjalanan naik kendaraan.

6. Semua Keluhan Sakit Mata 
Herbal yang bisa diramu : Lidah buaya ( daging dan sari daunnya ), Buah pepaya ( yang telah matang ), Asam Jawa / kawak (  daging buahnya ), Sirsak ( sari buahnya ), pisang raja, hati ayam kampung, hati kambing/sapi, tomat, wortel, buah merah ( sari buahnya ).
* Pantangan : Pedas - pedas, es, putih telur.

7. Hidung Berdarah
Herbal yang berkaitan dengan pengobatan penyakit ini : Pisang biji ( air bonggolnya ), daun sirih, daun kaki kuda, daun bayam, air daun picisan, daun urang aring, daun pulutan, daun gambir, biji pinang, daun kubis, daun petsay.
* Pantangan : Pedas - pedas, daging berlemak, telur

Itulah beberapa penyakit pada sistem panca indra, mudah - mudahan bermanfaat bagi kita semua. Bila kita yakin akan pertolongan Allah, insya Allah semua penyakit ada obatnya dan bisa diobati.

No comments:

Post a Comment