7 Khasiat Daun Sembung Sebagai Obat Tradisional

Advertisement
Sembung atau nama latinnya Blumea balsamifera adalah salah satu tanaman semak yang daunnya bisa digunakan sebagai obat tradisional. Daun sembung memiliki permukaan yang ditumbuhi bulu - bulu halus. Ciri - cirinya, apabila daun ini dikunyah akan terasa pedas di lidah dan agak sedikit pahit, hangat dan harum. Adapun efek farmakologisnya adalah : melancarkan peredaran darah, anti rematik, menghilangkan darah - darah yang membeku serta mengatasi pembengkakkan.

Terdapat beberapa senyawa kimia di dalamnya antara lain, di-methyl ether phloroacetophenone, limonene, cineole dan borneol. Sedangkan manfaat dari daun ini adalah dapat digunakan untuk mengobati nyeri haid, nyeri sehabis melahirkan, rhematik, perut kembung diare dan influenza.

Dibawah ini beberapa contoh manfaat dan khasiat daun sembung sebagai obat herbal alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

1. Mengobati Maag :
Bagi sobat atau siapapun yang mengalami hal seperti ini (sakit Maag ) tak usah khawatir, karena daun sembung bisa membantu mengatasi penyakit sobat, dan tanaman ini mudah didapat. Caranya ambil 5 lembar daun sembung dan cuci bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan biarkan hingga tersisa 1/2 gelas. Campur dengan sedikit garam selanjutnya diminum sebelum makan pagi atau sarapan. Lakukan secara rutin dan teratur, jaga makanan dan perhatikan pola makan.

2.Datang bulan tidak teratur, napsu makan berkurang :
Caranya sediakan 3/4 genggam daun sembung dan cuci bersih, lalu direbus dengan 3 gelas air dan biarkan hingga tersisa 3/4 gelas nya. Minum rebusan ini selagi masih hangat, bila ada tambahkan 1 sendok makan madu. Lakukan terapi ini sehari 3 x 3/4 gelas sampai keluhan sobat membaik.

3. Mengobati Diare :
Siapkan 1 genggam daun sembung dan cuci bersih, kemudian direbus dengan 3 gelas air dan biarkan hingga menjadi 1 1/2 nya. Minum air rebusan tadi dan jangan lupa tambahkan madu 1 sendok makan, lakukan pengobatan ini sehari 3 x 1/2 gelas.

4.Mengobati penyakit beri - beri:
Caranya, sediakan 1/4 genggam daun sembung, 1/4 genggam daun turi, 1/4 genggam daun legundi dan 3 butir cabe jawa, cuci terlebih dulu kemudian direbus dengan 3 gelas air dan biarkan hingga tersisa 1/2 nya. Biarkan hingga dingin, saring air godokan tadi, lalu diminum dan lakukan sehari 2 x 3/4 gelas.

5. Mengobati sakit kepala karena radang rongga sinus
Untuk membantu mengatasi penyakit ini, ambil 5 lembar daun sembung dan cuci bersih lalu hancurkan, setelah itu hangatkan diatas api sebanyak 1 helai lembar setiap kalinya. Selagi hangat, lekatkan pada dahi untuk rongga tulang depan mata dan dan tulang pada dahi untuk rongga tulah rahang atas dan rongga tulang tapis. Apabila sudah dingin ganti dengan daun yang sudah dihangatkan hingga ke lima lembar daun tadi habis. lakukan 2 kali sehari.

6. Nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah jantung ( angina pectolis )
Siapkan 1/2 genggam daun sembung, cuci bersih lalu rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi 3/4 nya. Setelah dingin saringlah air rebusan tadi, tambahkan 1 sendok makan madu lalu diminum. Lakukan terapi ini sehari 3 x 3/4 gelas.

7. Mengatasi Nyeri Haid
Caranya ambil 5 lembar daun sembung dan beberapa biji kedaung, kemudian dipanggang dan dihaluskan. Selanjutnya rebuslah kedua bahan tadi dengan 2 gelas air dan biarkan hingga menjadi 1 gelas, diminum setelah dingin.

Itulah resep obat herbal alami dengan bahan daun sembung, semoga bermanfaat bagi kita semua, khususnya sobat pengunjung blog Kang Dayat.

No comments:

Post a Comment